Kamis, 04 Oktober 2012

Expression Regret



UNGKAPAN PENYESALAN DALAM BAHASA INGGRIS

  1. If I had (hadn't) V3, SUBJECT would (wouldn't) have V3.
  2. I wish I had V3
  3. I regret having V3 / not having V3 (to have V3 / not to have V3)
  4. I regret that I V2 
  5. I should have V3
  6. I ought to have V3 

Catatan :

Nomor 1 dan 2 dikatakan kepada diri sendiri. Sedang nomor 3 - 6 bisa ditambahkan I am sorry dan dikatakan kepada orang kedua (orang yang sudah dikecewakan oleh anda; atau orang yang sudah dibuat marah oleh anda)

Contoh :

Kejadian : Anda tidak mengerjakan PR sehingga guru anda marah.

Ungkapan penyesalan anda :

  1. If only I had done my homework, my teacher would have been angry (Andai saya mengerjakan PR, guru saya tidak akan marah)
  2. I wish I had done my homework. (Saya harap saya sudah mengerjakan PR )
 

expressing regret, ungkapan penyesalan dalam bahasa inggris
Ungkapan penyesalan kepada guru anda :

  1. I regret not having done my homework / I regret not to have done my homework (Saya menyesal tidak mengerjakan PR)
  2. I regret that I did not do my homework (Saya menyesal tidak mengerjakan PR)
  3. I am sorry I should have done my homework (Saya menyesal, saya seharusnya telah mengerjakan PR)
  4. I am sorry I ought to have done my homework (Saya menyesal, seharusnya saya sudah mengerjakan PR)

Ungkapan penyesalan sebenarnya bisa menggunakan variasi Adjective / Adverb, asalkan sobat mengerti cara penggunaan keduanya. Seperti I am so regretful I did not do my homework / I regretfully did not do my homework. Dan masih banyak lagi variasi ungkapan penyesalan dalam bahasa Inggris.

Namun, beberapa contoh di atas setidaknya sudah bisa mewakili berbagai variasi Expressing Regret / Ungkapan Penyesalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar